Mendengar nama WordPress mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian kalangan, terutama para blogger.

Namun, bagi sebagian lainnya mungkin masih kurang mengetahui apa itu WordPress dan bagaimana sejarah WordPress.

Secara umum, WordPress sendiri merupakan sebuah aplikasi open source yang bisa dibuat dengan menggunakan bahasa Pemrograman seperti PHP dan database MySQL.

Dengan kata lain, WordPress adalah tool vital untuk membuat berbagai macam website. Ada juga hal – hal yang bisa kalian lakukan dengan WordPress seperti membuat blog.

Bahkan sampai saat ini WordPress masih banyak digunakan oleh para blogger sebagai platform blog mereka.

Selain itu, WordPress biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai portofolio seperti gambar, lihgtbox, dan sebagainya terutama bagi para freelancer.

WordPress juga seringkali digunakan oleh berbagai perusahaan hingga sektor pemerintahan untuk menjadi platform website yang aman.

WordPress menjadi CMS paling populer saat ini, digunakan oleh lebih dari 12% dari 1 juta website yang tersebar di seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan WordPress memiliki banyak fitur, seperti template serta arsitektur plugin yang beragam.

Pertama kali, WordPress dikembangkan oleh Matt Mullenweg yang saat ini masuk ke dalam jajaran 30 Under 30 inc.com, 25 Most Influential People on the Web Business Week, dan Top 50 People on the Web PC World.

Pada tahun 2002, Matt yang biasa menulis blog di b2 (bbpress.org) tidak beroperasi lagi, kemudian memiliki ide untuk mengembangkan blogware sendiri, namun tetap mengikuti standar website dengan struktur baik dan nuansa bersih.

Keinginan tersebut semakin kuat saat tahun 2003 dimana Matt mengajak salah seorang rekannya, Mike Little untuk mulai mengembangkan WordPress.

Hal ini pada akhirnya membuat pengembang b2, Michel Valdrighi, bergabung bersama Matt dan Mike Little.

Sejarah WordPress dimulai pada tahun 2003 lalu saat dikembangkan oleh dua orang developer bernama Matt Mullenweg dan Mike Little.

Kedua developer itu merasa kesulitan karena tidak memiliki publishing secara online. Apalagi saat fitur B2 atau Cafeblog dihentikan.

Kemudian mereka mulai mengembangkan layanan publikasi online melalui cara mereka sendiri. Pada tahun 2004, Mulleweg dan Little mulai merilis WordPress versi pertamanya.

WordPress generasi awal ini sangatlah sederhana, walaupun sudah ada fitur yang masih dipertahankan sampai sekarang yaitu editor WordPress.

Dari tahun ke tahun WordPress pun berkembang dan menghadirkan fitur – fitur canggih di dalamnya. Bahkan, WordPress memiliki dua alamat yang berbeda yang bisa kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. WordPress.com dibuat untuk pengguna yang ingin memiliki blog pribadi dan alamat website dengan cara yang cepat.

Sementara WordPress.org ditujukan bagi penggunanya yang menginginkan modifikasi sesuai kebutuhan serta menggunakan alamat situs dan server sendiri.

Selama ini kita mungkin hanya mengetahui Facebook dan Twitter sebagai media sosial tertua di dunia. Padahal, sebenarnya anggapan ini kurang tepat.

Hal ini dikarenakan WordPress jauh lebih dulu ada di dalam dunia Internet, Facebook diluncurkan pada tahun 2004 lalu, sementara Twitter lahir dua tahun setelahnya yaitu tepat pada 2006. Jadi, bisa disimpulkan jika WordPress ini merupakan salah satu platform media sosial yang tertua.

Selain itu, WordAPress juga ternyata tidak memiliki CEO. Hal ini dikarenakan WordPress merupakan platform open source dan tak dimiliki oleh perusahaan mana saja di dunia.

Karena itu, WordPress hadir di kalangan masyarakat tanpa CEO resmi dan hanya dijalankan oleh developer developer terbaik di seluruh dunia.

WordPress juga memiliki keunggulan lainnya yaitu menyediakan lebih dari 60 bahasa sehingga bisa digunakan oleh siapa saja dengan mudah.

Selain bahasa, WordPress juga memiliki tema – tema yang menarik. Jadi, bukan hal aneh jika berbagai perusahaan, sektor pemerintah, hingga selebritis mancanegara juga menggunakannya.

Itulah bagaimana perkembangan WordPress sejak dulu hingga saat ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment