Siapa sih yang saat ini tidak tahu Facebook? Sosial media ini sanga mendunia bahkan bisa mengakuisisi media sosial lainnya.

Facebook sendiri dibuat di Amerika Serikat oleh pria bernama Mark Zuckerberg di tahun 2004 tepatnya pada 4 Februari.

Ia mendirikan Facebook bersama dengan temannya yang satu kampus dengannya di Harvard. Ia memang dikenal memiliki bakat programming sejak ia masih kecil.

Bahkan, ayahnya sendiri lah yang mengajarkannya coding sejak kecil. Saat berumur 11 tahun orang tuanya bahkan sampai menyewa seorang software developer untuk mengajari Mark.

Lalu hanya dalam beberapa tahun saja ia berhasil membuat sebuah program bernama ZuckNet yang berguna untuk memberi pesan singkat internal.

Lalu, suatu hari Microsoft dan AOL menawarkannya sebuah posisi di dalam perusahaan mereka. Namun, karena ia masih kuliah, ia lebih memilih melanjutkan kuliahnya di Harvard.

Dulunya bahkan Facebook bernama Face Mash namun diubah dan dikembangkan lagi oleh Mark. Website ini awalnya hanya dibuat untuk bermain game di kawasan kampusnya saja.

Selain bermain game, di sini juga bisa digunakan untuk membandingkan perempuan – perempuan mana yang dinilai lebih cantik.

Medsos ini menggunakan foto – foto yang menghasilkan 22.000 views pada foto yang dipajang di dalam empat jam pertama online.

Beberapa waktu kemudian situs ini dinonaktifkan oleh admin dari kampusnya karena tidak mendapatkan izin serta merugikan pihak lain.

Bahkan ia terancam diusir dan terkena hukum pelanggaran hak cipta serta melanggar privasi orang lain. Namun tuduhan tersebut dibatalkan.

Mark lalu menciptakan alat studi sosial di semester itu dan mengupload gambar-gambar seni ke website – website yang ia buat lalu membagikannya kepada temannya.

Ia lalu mulai meluncurkan Facebook yang saat itu bernama TheFacebook pada Februari 2004. Di sini pengguna bisa menggunakan foto profil.

Selain itu juga bisa berbagi foto, mengupladnya, dan membagi minat mereka kepada orang lain dengan visualisasi jaringan.

Di awal pembuatan, sudah ada sekitar 50% dari mahasiswa di kampusnya bergabung namun, ia mendapat masalah hukum lagi karena memiliki program yang mirip dengan mahasiswa lain.

Namun mantan rekannya ini bilang bahwa mereka mencuri konsep serta ide serta mereka mau mendapatkan kompensasi.

Akhirnya Facebook selesai di tahun 2008 dan mulai membuka perusahaan serta menjadikan perusahaan tersebut terbuka sehingga sudah ada 1,2 m saham yang tersebar.

Pertumbuhannya juga semakin meningkat sampai-sampai beberapa dewan perusahaan memberikan dananya ke Facebook.

Tak lama kemudian Mark mengajukan undur diri dari Harvard setelah ia cuti selama satu semester. Ia lalu berdedikasi untuk menjadi seorang programmer.

Selama itu pun ia juga mengembangkan terus Facebook dan melanjutkan ekspedisinya. Hingga Facebook sudah bisa beroperasi secara Global dan membuka fitur marketplace.

Karena itulah sekarang kita mengenal Facebook Ads yang memang berfungsi untuk membantu menyebarkan promosi bisnis seseorang.

Lalu di tahun 2008 Facebook meluncurkan fitur Chatting agar penggunanya bisa lebih terhubung. Inilah yang menjadi kesuksesan terbesar Facebook.

Itulah bagaimana perkembangan media sosial Facebook bisa terjadi hingga sekarang. Dari sini kita bisa belajar bahwa kesuksesan tidak bisa diperoleh dengan mudah begitu saja. Dan media sosial yang kita gunakan sekarang ini memiliki banyak perjuangan panjang di baliknya.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin mengetahui lebih dalam bagaimana sejarah perkembangan Facebook.

 

Leave a Comment