Sejarah Berdirinya LinkedIn

Sejarah Berdirinya LinkedIn – Memasuki era industry 4.0 membuat kita diperkenalkan oleh banyak sekali aplikasi sosial media yang memberikan banyak manfaat dan memudahkan kita dalam berbagai hal. Salah satu media sosial yang tersebut ialah linkedIn , aplikasi yang membantu para pengusaha atau pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka. LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang sangat cepat perkembangannya, situs yang berorientasi bisnis ini, terutama digunakan untuk oleh jaringan profesional.

Sejarah Berdirinya LinkedIn

Sejarah Berdirinya LinkedIn

Situs LinkedIn awalnya didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002, dan secara resmi diluncurkan pada 5 Mei 2003. Tujuan Reid membuat LinkedIn yaitu untuk membantu para proesional agar terus berkomunikasi dengan rekannya dan membutuhkan kerja keras selama beberapa bulan untuk mendapatkan ide dan akhirnya situs web ini berdiri.

Semasa kecil , Reid tidak memiliki sebuah komputer karena larang Ayahnya. Ayah Reid menganggap jika kehadiran komputer dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Namun akhirnya Reid memiliki komputer saat berkuliah yang membuatnya mempelajari ilmu kognitif.

Reid yang mempunyai keahlian networking yang sangat baik ahirnya dipekerjakan oleh perushaaan Apple di tahun 1994 lalu. Dua tahun setelahnya , Reid memilih untuk meninggalkan Apple dan bekerja di Fujitsu bagian manajemen produk dan pengemabangan bisnis.

Berdirinya LinkedIn membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa. Reid menargetkan setidaknya ada satu juta pengguna yang mendaftar di situsnya ketika awal perilisannya. Dan Reid mengundang sekitar 350 orang penting untuk bergabung.

Singkat cerita , bisnis Reid pun terbilang sangat sukses. Di bulan pertama perilisannya ia berhasil mendapatkan situs slot mudah menang sekitar 4500 anggota dalam jaringannya. Hal ini yang akhirnya membuat Reid memutuskan untuk mendirikan sebuah kantor Linkedin di California yang tidak jauh dari kantor Google. Ia merekrut beberapa pegawai untuk di bagian sisi teknis perusahaannya.

Perkembangan LinkedIn

Pada tahun 2006, LinkedIn sudah dikenal oleh 20 juta orang. Dan satu tahun setelahnya di bulan September 2007 , situs ini telah memiliki lebih dari 14 juta penggunan terdaftar yang terdiri dari 150 industri dan lebih dari sekitar 400 di bidang ekonomi.

Di tahun 2013 lalu , LinkedIn melaporkan jika situs mereka telah memili akun pengguna lebih dari 259.000.000 yang tersebar di 200 negara. Hal ini terbilang wajar karena LinkedIn memiliki banyak fitur menarik yang tidak dimiliki oleh aplikasi bisnis lainnya. Sebut saja fitur bahasa yang cukup komplit dimana ada 20 bahasa yang bisa digunakan disitus ini seperti Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Portugis, Spanyol, Belanda, Swedia, Denmark, Rumania, Rusia, Turki, Jepang, Ceko, Polandia, Korea, Indonesia, Melayu, dan Tagalog.

Ada juga fitur portofolio yang dapat ditambahkan pengalaman atau pendidikan serta bagian ringkasan. Tak hanya itu , ada juga fitur Linkedin Pulse untuk mengisi berbagai berita yang ditulis pengguna. Linkedin Education sebagai halaman perusahaan. Serta fitur database kontak dan tag kontak untuk memudahkan pencarian.