Youtube merupakan sebuah platform online yang menampilkan banyak video dari beragam daerah, youtube sendiri didirikan pada Februari 2005 oleh 3 orang mantan pekerja dari Papal.

Perkembangan Youtube juga kini terus meningkat yang didorong oleh perkembangan teknologi yang super cepat.

Dulunya, Youtube hanyalah sebuah platform untuk mengekspos diri secara sukarela, namun sekarang Youtube merupakan lapangan pekerjaan bagi semua orang.

Youtube sendiri bisa diakses oleh semua orang tanpa terkecuali baik dari balita hingga lansia, konten video Youtube juga bisa menyesuaikan dengan umur penggunanya.

Kebanyakan pengguna internet mendatangi Youtube bukan hanya untuk memperoeh hiburan namun juga untuk belajar ataupun memperoleh data.

Google telah menganalisa bahwa 57 persen pengguna Youtube mencari konten hiburan dan 86% pula melaporkan terbiasa mendatangi web tersebut untuk menekuni hal baru.

Pengguna internet mendatangi Youtube bukan hanya untuk memperoleh hiburan namun juga untuk belajar ataupun memperoleh informasi.

Kedudukan Youtube di Indonesia sebagai fasilitas publikasi konten video terus bertambah. Jumlah konten yang diunggah dari Indonesia bertambah lebih dari 2 kali lipat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan hasil studi, 92% pengguna Indonesia melaporkan Youtube merupakan tujuan awal mereka pada saat mencari konten video.

Secara universal, pengguna Indonesia berkomentar jika Youtube mempermudah mereka dalam mencari konten yang menarik dengan topic yang bermacam – macam.

Peningkatan Youtube ini telah mulai menyaingi TV selaku fasilitas media yang sangat selalu diakses orang Indonesia.

Dari 1.500 responden yang ikut serta dalam riset, 53% melaporkan mengakses Youtube taip hari, serta 57% melaporkan menyaksikan TV setiap hari.

Pengguna Youtube di Indonesia juga sering menggunakan platform tersebut untuk menyaksikan konten yang tak pernah mereka tonton secara langsung pada saat ditayangkan di TV.

Namun TV saat ini ikut serta dalam membuat konten Youtube, mereka mengupload video yang sudah mereka tayangkan di TV ke Youtube, dengan tujuan semua orang bisa melihat acara TV yang tak sempat mereka tonton.

Dengan ini TV juga meraup keuntungan besar karena mereka memiliki dua media dalam mencari uang. Seiring berjalannya waktu, Youtube mengeluarkan sebuah program bagi penggunanya.

Bagi mereka yang ingin mendapatkan uang dari Youtube maka mereka harus memenuhi persyaratan yang tersedia seperti Youtube mengharuskan penggunanya untuk memiliki subscriber minimal 1000 dan jam tayang video minimal 4000 jam.

Dengan syarat tersebut maka pengguna Youtube akan diberi gaji, perolehan gaji ini berdasarkan penonton video tersebut.

Jika pembuat video tersebut banyak ditonton hingga jutaan penonton maka si pembuat video akan mengalami keuntungan yang sangat besar.

Begitu juga jika penontonnya sedikit maka keuntungan yang diterima sangat kecil. Bukan hanya itu, jika video tersebut trending maka pihak Youtube akan memberikan bonus kepada pengunggah video.

Pengunggah video Youtube sendiri seringkali disebut dengan Youtuber. Awalnya hanya sedikit yang terjun mnejadi Youtuber namun sekarang banyak yang melihat peluang bahwa Youtuber memiliki gaji di atas UMR kemudian banyak orang yang berupaya menjadi Youtuber.

Mereka bersaing dalam pembuatan konten Youtubem mulai dari video makan, kartun, game, film, berita, dan masih banyak lagi.

Di Youtube semua hal bisa dicari kecuali hal – hal yang negative karena Youtube telah memblokir tontonan yang tak layak ditonton.

 

Itulah bagaimana perkembangan Youtube hingga saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat.