Whatsapp Messenger merupakan aplikasi pesan untuk ponsel cerdas. Dan merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena aplikasi ini menggunakan paket data internet.

Aplikasi ini juga menggunakan koneksi internet 3G, 4G, atau Wifi untuk melakukan komunikasi data. Di sini kalian bisa melakukan obrolan secara daring, berbagi file, bertukar foto, dan masih banyak lagi.

Aplikasi pesan bernama Whatsapp kemarin baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 11 tahun pada tanggal 24 Oktober 2020 lalu.

Whatsapp pertama kali hadir pada 24 Februari 2009 sebagai aplikasi yang kompatibel untuk IOS dan Android.

Sejak awal kemunculannya, Whatsapp terus menerus melakukan pembaruan dengan menambahkan fitur – fitur baru yang memudahkan penggunanya.

Saat mulai beroperasi pada tahun 2009, Whatsapp menghadirkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan video. Di tahun berikutnya, tepatnya pada Juni 2010, Whatsapp lalu meningkatkan fitur berbagi videonya.

Selain meningkatkan fitur berbagai foto dan video, di tahun 2010 Whatsapp juga memperkenalkan sebuah fitur bernama sharing location.

Lewat fitur ini, pengguna bisa memberitahukan lokasinya pada teman di Whatsapp. Lalu di tahun 2011 tepatnya bulan Februari, fitur obrolan berkelompok atau grup dihadirkan oleh Whatsapp.

Sejak kemunculan ftur grup terbaru inilah, Whatsapp semakin banyak digunakan oleh orang – orang di seluruh dunia. Saat itu, mencapai 1 miliar pesan yang dikirim dalam satu hari oleh para penggunanya.

Pada Agustus 2013, Whatsapp mengenalkan pesan suara. Setelah adanya fitur ini, di tahun berikutnya Whatsapp berada di puncak dengan penggunanya mencapai 500 juta orang.

Di bulan Oktober 2014, Facebook resmi mengakuisisi Whatsapp senilai US$ 19 miliar atau setara dengan Rp 265 Triliun.

Masih di tahun 2014, pada bulan November, Whatsapp memulai debut tanda terima bagi yang membaca pesan.

Kemudian dua tahun berikutnya, sistem enkripsi end to end diperkebalkan oleh Whatsapp pada bulan Februari 2016.

Perubahan besar baru terasa saat Whatsapp bekerjasama dengan Facebook. Salah satunya Whatsapp Web, yang memudahkan pengguna untuk bisa menggunakan aplikasi Whatsapp lewat koputer maupun laptop dengan mengakses situs web.whatsapp.com.

Lalu di tahun 201, pengguna Whatsapp bisa mengobrol dengan tatap muka lewat fitur terbarunya yaitu Whatsapp Video Call.

Lalu tahun berikutnya, Whatsapp memperkenalkan fitur stories yang menyerupai fitur Instagram. Pengguna bisa mengunggah gambar atau video ke Whatsapp Stories dan hanya bisa bertahan selama 24 jam.

Lalu di tahun 2018, Whatsapp meluncurkan aplikasi bernama Whatsapp Business yang merupakan aplikasi terpisah dari aplikasi Whatsappa biasa.

Profil yang ditampilkan adalah profil bisnis, mulai dari alamat, kontak, dan deskripsi lainnya di dalam whatsapp.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi fitur – fitur yang whatsapp hadirkan di setiap tahunnya. Salah satunya adalah stiker yang bisa kalian buat sendiri.

Selain itu, ada pula fitur non aktifkan notifikasi hingga tampilan Youtube yang sekarang ini lebih besar sehingga dapat dinikmati di kotak perbincangan.

Fitur keamanan yang dimiliki Whatasapp juga selalu diperbaharui dan selalu diperbagus untuk kenyamanan dan keamanan para penggunanya.

Karena itulah, Whatsapp sekarang ini telah banyak digunakan dan dipercaya oleh para masyarakat di Indonesia.

Itulah perkembangan dari Whatsapp dari tahun ke tahun yang pastinya selalu menawarkan yang terbaik untuk penggunanya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.