V Live (ditulis sebagai VLIVE), kadang-kadang disebut sebagai V App, adalah layanan siaran video langsung asal Korea Selatan yang memungkinkan selebritas yang berasal dari negara tersebut untuk menyiarkan video langsung di internet dan mengobrol langsung dengan penggemar.

Layanan siaran tersedia secara daring atau melalui perangkat seluler Android dan iOS, dengan tayangan ulang yang sebelumnya tersedia di PC (tidak lagi tersedia di beberapa komputer karena penggunaan video Flash).

Layanan ini dimiliki oleh Naver Corporation dan diluncurkan pada akhir Agustus 2015. Pada 2007, Naver Corporation meluncurkan saluran platform video mereka, tetapi ketersediaannya sangat terbatas dan tidak tersedia di banyak negara.[3]

Pada awal Agustus 2015, Naver Corporation merilis aplikasi siaran langsung, V Live. Aplikasi ini awalnya hanya tersedia di Google Play Store untuk perangkat Android, tetapi kemudian diluncurkan di iTunes.

Aplikasi ini ditujukan untuk menjangkau basis penggemar internasional, khususnya di Jepang, Tiongkok, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Oleh karena itu, tidak ada batasan wilayah dan situs web mereka memiliki berbagai pilihan bahasa, seperti Inggris, Tionghoa, dan Jepang.

Menurut Sensor Tower, aplikasi ini memiliki 200.000 unduhan dan memperoleh $600,000 pada Agustus 2017. Pada Mei 2018, aplikasi V Live memiliki lebih dari 1 juta unduhan di Google Play Store dan iTunes.

V Live memiliki lebih dari 700 saluran yang terkait dengan berbagai bintang K-pop, termasuk BTS, Exo, Got7, Big Bang, Monsta X, BtoB, Astro, T-ara, Blackpink, NCT, Twice, Iz One dan Seventeen, serta beberapa aktor seperti Lee Jong-suk, Lee Dong-wook, dan Park Bo-young.

V Live dapat menyiarkan program yang berkisar dari sesi obrolan langsung dengan penggemar, performa, acara realitas, dan acara penghargaan.

V Live memudahkan para penggemar untuk berinteraksi dengan situs web mereka. Pengguna diperingatkan ketika saluran yang mereka ikuti memulai siaran langsung atau mengunggah konten baru.

Pengguna juga dapat berkomentar atau mengirim hati pada video, yang juga dapat dilihat oleh sang idola secara waktu nyata.

Setiap interaksi berkontribusi pada “chemi-beat” pengguna. Chemi-beat melacak ketertarikan pengguna dengan sang selebritas.

Pengguna dapat meningkatkan chemi-beat mereka dengan secara teratur terlibat dengan saluran, menyalakan pemberitahuan push dan berbagi video.

Memiliki chemi-beat yang tinggi meningkatkan peluang pengguna untuk memenangkan suatu acara yang diselenggarakan sang idola.

V Live+ mengacu pada jenis konten berbayar yang menawarkan konten yang belum dirilis, dapat diunduh, dan disediakan untuk penggemar.

Konten V Live+ dapat dibeli dengan V coin, yang jumlahnya kira-kira 50 koin seharga US$1, atau ditebus menggunakan kode yang disajikan dengan pembelian eksternal, seperti album.

Beberapa idola juga menawarkan CH+, saluran premium yang hanya dapat diakses dengan berlangganan. Saluran CH+ dapat dibeli dengan V coin untuk jangka waktu 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, atau tahunan.

Saluran CH+ berbeda dari saluran biasa karena mereka menyediakan siaran, video, dan pos tersembunyi.

Stiker adalah item gambar yang dapat digunakan dalam obrolan. Beberapa paket stiker dibatasi untuk saluran tertentu dan hanya dapat digunakan dalam obrolan saluran tersenut.

Stiker dapat dibeli di STORE menggunakan V coins. Sebagian besar paket stiker gratis atau berharga 100 koin (US$1.99).

V Lightstick (ditulis dengan huruf kapital)adalah item digital yang bertindak sebagai ikon “hati” khusus.

V Lightstick V Lightstick memberi pengguna dua kali lipat “hati” saat mengetuk, efek khusus di layar ketika capaian hati tercapai dan objek interaktif 3 dimensi yang mewakili lightstick. V Lightstick saat ini hanya dapat digunakan pada aplikasi seluler.

V Lightstick diperkenalkan pada tanggal 7 Desember 2018 dan pada awalnya hanya tersedia untuk BTS, GOT7, Monsta X, NU’EST W, dan TWICE. Pada tanggal 27 Desember 2018 V Live mengumumkan perluasan V Lightstick agar tersedia untuk Blackpink, iKon, Seventeen, Winner dan Cosmic Girls.

Leave a Comment