Twitter merupakan sebuah layanan jejaring sosial serta microblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim serta membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter.

Namun di tanggal 7 November 2017 pesannya bertambah hingga 280 karakter yang dikenal juga sebagai Tweet atau Kicauan.

Twitter sendiri berdiri pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey serta situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli.

Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di internet.

Twitter juga dijuluki dengan pesan singkat dari Internet. Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan melalui antarmuka situs web, SMS, atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Twitter juga telah mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia.

Hingga bulan Januari 2013, ada lebih dari 500 juta pengguna yang telah terdaftar di Twitter dan 200 juta di antaranya merupakan pengguna aktif.

Lonjakan penggunaan Twitter biasanya berlangsung saat terjadinya peristiwa – peristiwa populer, di awal tahun 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 500 juta kicauan per hari.

Twitter juga menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per harinya. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia.

Tingginya poularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek.

Misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat.

Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan provasi pengguna, gugatan hukum, serta penyensoran.

Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc yang berbasis di San Fransisco dengan kantor dan peladen tambahan di New York City, Boston, dan San Antonio.

Hingga bulan Mei 2015, Twitter telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna dimana 302 diantaranya adalah pengguna aktif.

Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo.

Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York, mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan kelompok kecil.

Nama kode proyek asli untuk layanan ini adalah Twttr, gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams yang dikemukakan oleh Noah Glass.

Terinspirasi dari Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya kima digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka “10958” sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi “40404” untuk kemudahan penggunaan dan pengingatan.

Pengerjaan proyek ini dimulai pada 21 Maret 2006 saat Dorsey mempublikasikan pesan Twitter pertamanya pada jam 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: “just setting up my twttr”

Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo dan versi lengkapnya diperkenalkan kepada public pada 15 Juli 2006.

Di bulan oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya – termasuk Odeo.com dan Twitter.com – dari investor dan pemegang saham.

Twitter lalu mengalami pertumbuhan yang pesat dan selalu meningkat sejak tahun 2007 hingga sekarang.

Twitter juga telah mengakuisis perusahaan pengembang aplikasi, Atebis pada tanggal 11 April 2010 dan telah mengembangkan aplikasi klien Twitter bernama Tweetie.

 

Itulah informasi lengkap mengenai perkembangan Twitter. Semoga bermanfaat.