Browser ditemukan pada tahun 1993 yang merupakan sebuah navigasi untuk mempermudah para pengguna dalam menemukan apa yang ingin mereka cari. Pertama kali browser ditemukan oleh Mosaic yang membuat tampilan grafis untuk pengguna.

1 tahun kemudian tepatnya 1994, sebagai perusahaan perangkat lunak Microsoft mengeluarkan alat peramban buatan mereka yaitu Internet Explorer.

Pada tahun 1998, ditemukanlah Google yang merupakan sebuah search engine atau mesin pencarian yang pertama kali ditemukan dan memiliki fungsi untuk memindai informasi yang diinginkan para pengguna di internet.

Tentu saja tidak hanya Google, diciptakan juga alat pencari informasi yang berguna dalam membantu pengguna untuk menggunakan internet yaitu Yahoo!.

Internet dijadikan sebagai easy-to-use software program di pertengahan tahun 2000 dan perkembangan internet mulai tahun 2000 mulai berkembang sangat pesat. Di tahun 2000 mulai bermunculan seperti blog, social networking sites, video sharing sites yang digunakan untuk mengunggah konten-konten.

Mosaic disini berhasil menyederhanakan navigasi internet yang digunakan untuk mengambil data sesuai dengan kebutuhan dan dapat mengkonfigurasi data yang akan ditampilkan.

Awal kemunculan media sosial di dunia  dimulai pada tahun 2002 dengan munculnya Friendster yang merupakan aplikasi untuk membangun sebuah pertemanan di dunia maya yang luas hingga ke seluruh penjuru dunia.

 

Media sosial yang muncul setelah Friendster adalah Linkedin yang sedikit berbeda dengan Friendster yang dimana disini terdapat kumpulan orang-orang yang membagikan pengalamannya mengenai dunia bisnis.

Kemudian, MySpace didirikan pada tahun 2003, merupakan situs yang lebih hebat lagi. Kita bisa bertukar pesan, mengunggah lagu dan video sampai bisa menyediakan layanan pemasangan genre music khusus pada halaman profil. Hanya saja MySpace ini lebih berfokus pada orientasi musik seseorang

Pada tahun 2004, muncullah situs yang bisa memberikan ruang penggunanya untuk mengupload foto dan video yang penggunanya inginkan dan dapat dibagikan kepada anggota di dalam situs tersebut. Situs tersebut bernama flickr

Kemudian kemunculan Facebook di tahun 2004 sebagai media sosial yang mampu untuk bertukar pesan pribadi, dan kelompok atau grup baik dalam bentuk gambar ataupun video. Dalam Facebook kita juga bisa mendapatkan teman di seluruh pengguna Facebook di dunia.

Kemudian, Twitter mulai muncul di tahun 2006 yang dimana situsnya hampir mirip seperti Facebook dan kita bisa menggunakan fitur mengikuti (follow) pengguna lain agar kita dapat melihat atau mengikuti postingan-postingan yang telah mereka buat. Situs ini juga bisa mengirimkan pesan kepada pengguna lain, mengupload gambar dan video

.

4 tahun kemudian, muncullah Instagram yang sangat nge-trend disini pada tahun 2010. Di situs ini ga hanya bisa follow saja seperti twitter, melainkan kalian bisa berinteraksi berupa menekan tombol (like) jika kalian suka dan bisa mengirimkan komentar di bagian bawah postingan orang lain, bahkan sampai bisa mengirimkan pesan melalui Direct Message.

Di Instagram ini terdapat fitur untuk mengedit foto maupun video lalu dapat diunggah dalam waktu singkat.

Di tahun 2011 muncullah Line. Penggunaan aplikasi Line lebih berfokus untuk saling bertukar pesan. Di Line terdapat fitur yang menggunakan sistem Add friend menggunakan username/id. Di Line ini para pengguna juga bisa mengupload foto maupun video di timeline pengguna.

Lalu Snapchat juga muncul di tahun yang sama dengan Line di tahun 2011. Kurang lebih sama seperti Line hanya saja di snapchat terdapat fitur yang bisa meng-edit foto.

Masih di tahun 2011, muncullah Google+ merupakan situs yang dirancang dan memiliki fitur-fitur untuk berinteraksi, untuk bertukar pesan seperti Google Hangout.

Sekian perkembangan media sosial dari awal browser terbentuk. media sosial sampai sekarang ini masih terus berkembang dan sedang dalam tahap pengembangan di setiap situs-situsnya dan sekarang sudah masuk ke aplikasi dan bisa di download dimana saja

Leave a Comment