Facebook saat ini sudah berusia sekitar 16 tahun dan sebentar lagi akan menginjak umurnya yang ke 17 pada tangga 4 Februari.

Media sosial ini dibseut di sebuah kamar asrama kampus Harvard oleh Maek Zuckerberg dan kawan – kawannya.

Walaupun dulu belum semasif sekarang, namun Facebook saat itu hadur sebagai salah satu sarana komunikasi untuk mahasiswa di kampus Harvard. Saat itu fitur yang hadir dan ditawarkan juga belum variatif seperti sekarang ini.

Dulu, Facebook hadir dengan laman internet TheFaceboon,com pada tahun 2004 dimana saat itu Facebook menghubungkan mahasiswa universitas.

Lalu di tahun 2005, Facebook memiliki fitur bernama The Wall yang memberikan akses kepada penggunanya untuk saling mengirimkan pesan ke dinding milik teman.

Lalu, di tahun yang sama Facebook juga memungkinkan orang untuk bisa berbagi foto di platform sekaligus menandai orang lewat tag.

Facebook lalu semakin populer di kalangan mahasiwa. Karena itu, pada 2006, media sosial ini mulai ada untuk semua orang. Semua orang di seluruh dunia bisa bergabung dan registrasi di situs ini.

Di tahun ini pula Facebook merilis fitur News Feed, yang memungkinkan orang melihat kabar terbaru yang diunggah oleh teman – teman mereka ke jejaring sosial.

Di tahun 2007, Facebook merilis Page, mereka yang memiliki ketertarikan terhadap hal yang sama, bisa bergabung di Page Facebook. Untuk memudahkan komunikasi pengguna, Facebook merilis Chat di tahun 2008.

Lalu, di tahun 2009 Facebook menghadirkan fitur tanda like dan di tahun berikutnya mereka merilis fitur Group. Membuat para pengguna bisa saling bergabung dalam komunitas mereka.

Kemudian pada tahun 2011 Facebook merilis Timeline sehingga cerita yang dibagikan bisa dilihar berdasarkan urutan waktunya.

Di tahun berikutnya yaitu pada 2012, Facebook menghadirkan aplikasi Messenger yang membuatnya semakin bisa menghubungkan banyak orang di dunia.

Pada tahun yang sama pula, Instagram mengakuisisi Facebook. latform inipun menjadi tempat untuk saling berbagi aktivitas dalam foto dan video singkat.

Saking banyaknya pengguna Facebook di seluruh dunia, pada 2012, jumlah pengguna Facebook mencapai angka 1 miliar user yang aktif tiap bulannya.

Pada 2013, Facebook merilis internet.org yang mampu menghubungkan dua per tiga dari populasi dunia yang saat itu belum terhubung dengan akses internet.

Bisnis Facebook pun kian banyak ditandai dengan diakuisisnya berbagai perusahaan startup di tahun 2013. Seperti akuisisi aplikasi pesan Whatsapp dan pembesut perangkat VR Oculus.

Bukan hanya itu, Facebook juga merilis fitur bernama Safety Check yang memungkinkan pengguna untuk saling memberi kabar pada keluarga dan teman – teman di Facebook bahwa mereka dalam kondisi selamat setelah adanya suatu peristiwa atau bencana alam.

Lalu di tahun 2015, demam siaran mulai merambah internet dan Facebook merilis Facebook Live, fitur yang memungkinkan kalian melakukan siaran dan ditonton ileh banyak orang di seluruh dunia.

Kemudian di tahun 2016, Facebook juga merilis Reaction, yang merupakan emoji – emoji di samping tanda likes.

Lewa emoji reaction ini, pengguna bisa lebih mengungkapkan perasaan mereka lewat sebuah unggahan. Di tahun yang sama pula Facebook mulai menghadirkan fitur toko alias marketplace yang menjadi tempat untuk memamerkan dagangan.

Facebook juga merilis fitur Fundraisers, pengguna bisa mengumpulkan donasi bagi orang yang membutuhkan.

 

Itulah bagaimana perkembangan Facebook dari tahun ke tahun yang sampai sekarang pun masih berkembang. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment