Media sosial merupakan komunikasi menawarkan sesuatu semata. Biasa digunakan sebagai pemasaran bisnis atau media promosi dan tentunya lebih mudah mempromosikan lewat media sosial dibanding manual menggunakan brosur dan lainnya. Selain hal tersebut fungsi media sosial juga sangatlah luas. Berikut fungsinya!

1. Relationship Networks

Lebih dipahami oleh masyarakat media sosial Ini digunakan untuk berkomunikasi dan sosialisasi antar masyarakat. Seperti Facebook, Google+, Instagram, Twitter, Linkedin, dll merupakan kategori dari Relationship Networks.

Kebanyakan Relationship Networks ini dapat digunakan secara gratis dan merupakan tahap awal untuk meluncurkan ke publik. Terdapat banyak fitur yang mendukung relasi dalam media sosial ini yang berisikan biodata, foto dan informasi lain mengenai pengguna.

Terdapat juga fitur-fitur yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi seperti Timelines atau Private Message. Fungsi media sosial lainnya tidak hanya untuk membangun relasi melainkan bisa untuk mencari pekerjaan, promosi brand, dan banyak lainnya.

2. Media Sharing Networks

Facebook dan Twitter termasuk dalam jenis sosial media ini yang dimana ditentukan oleh fitur media yang dibagikan para penggunanya karena bisa berbagi gambar dan video yang diinginkan oleh pengguna.

Berbeda dengan Instagram yang lebih mengutamakan konten visual. Media sosial ini bisa menambahkan caption atau mention orang yang dituju. Selain itu juga terdapat media sosial yang menggunakan video sebagai kontennya seperti Youtube, dan snapchat.

Fungsi utama media sosial ini adalah untuk meningkatkan pemasaran produk seperti SBOBET Daftar anda dan bisa berbagi tema hiburan.

3. Online Reviews

Contoh dari Online Reviews ini seperti OpenRice, TripAdvisor & Zomato untuk menciptakan fungsi media sosial yang berbasis lokasi. Terdapat sistem untuk mengidentifikasi lokasi geografis untuk menemukan lokasi suatu objek yang dinamakan dengan Geolocation di smartphone atau komputer yang terhubung dengan internet.

Mulai dari hotel, perusahaan, hingga restoran sudah menggunakan Media Sosial Online Reviews ini untuk memberikan andil yang cukup besar dalam pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Untuk berbagi lokasi suatu tempat yang direkomendasikan adalah tujuan utama dari Online Reviews.

4. Forum Diskusi

Forum Diskusi ini sudah ada sejak lama sebelum munculnya facebook di dunia media sosial. Forum diskusi ini adalah tempat para pengguna satu dan lainnya bertukar pikiran atau berdiskusi. Dari membahas film terbaru sampai video game terbaik pengguna internet ini melalui form diskusi.

Perbedaanya forum diskusi dengan media sosial lainnya adalah dimana forum diskusi bisa menjadi siapa saja yang tidak menganjurkan untuk mendaftar, melainkan media sosial yang mengharuskan para penggunanya untuk mendaftar.

Untuk mendiskusikan dunia entertainment dan berbagi pesan adalah fungsi utama dari forum diskusi ini.

5. Social Publishing Platforms

Untuk kalian yang ingin menulis artikel dan membagikannya kepada orang banyak, jenis media sosial ini adalah yang paling cocok contohnya adalah blog, WordPress, Tumlr, dan lainnya. Beberapa pengguna menggunakannya untuk menawarkan produk atau jasa dan biasanya untuk bisnis.

6. Bookmarking Sites

Untuk mencari informasi atau konten tidaklah mudah pada awal media sosial dan internet muncul. Sekarang, untuk mencari informasi sudah begitu banyak sekali website yang lebih rinci. Untuk mencari informasi biasanya digunakan Google karena penggunaanya yang sangat mudah.

Namun, Bookmarking Sites adalah jenis sosial media yang memunculkan semacam gambaran atau ide saja. Contohnya seperti Flipboard, dan Pinterest. Berbagai macam bentuk konten bisa disimpan di Bookmarking Sites dan bisa dibuat private ataupun public.

Bagi para pebisnis digital marketing yang menggunakan media sosial pasti merasakan fungsi media sosial ini sendiri secara langsung. Namun, bergantung pada kerajinan kalian dalam membuat konten di media sosial untuk membantu anda dalam mengembangkan bisnis. Semoga sukses menjalankannya!