Masa – masa remaja menjadi masa yang sangat menyenangkan bukan, sedang mencari jati diri. Masih dimasa senangnya mencoba sesuatu hal yang baru, tentunya ketika sedang berada di masa seperti ini orang tua senantiasa untuk mengarahkannya kepada hal yang baik. Karena biasanya mereka masih belum dapat mengetahui hal – hal yang akan berdampak buruk kepada dirinya sendiri. Salah satunya sekarang yang sedang marak sekali digunakan oleh para remaja adalah media social, rasanya bila kalian belum mempunyai akun social media itu bukan anak gaul atau anak kekinian. Sehingga pastinya remaja sekarang ini sudah mempunyai social media, setidaknya satu akun yang mereka miliki.

Media social memang menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dimainkan, karena disana kamu dapat menemukan teman baru, bisa juga menemukan teman yang sudah lama tidak ada kabarnya, sampai asmara yang dapat kamu temukan dari social media. Memainkannya membuat rasa bosan dan jenuh sudah tidak terasa lagi, karena memainkannya dapat menghabiskan waktu dan lupa waktu malahan. Tetapi dibalik keunggulan yang diberikan social media tersebut, tentunya terdapat kelemahan yang mengikutinya. Kelemahan tersebut dapat berdampak negative kepada  yang menggunakannya, maka dari itu menggunakan social media itu harus dengan bijak agar tidak jauh ke dalam hal buruk tersebut. Ini dia beberapa fakta untuk para remaja sebelum menggunakan social media.

1.Media Social tidak Menunjukan Kehidupan Seseorang yang Sebenernya

Media Social tidak Menunjukan Kehidupan Seseorang yang Sebenernya

Terkadang memang kita dapat memberitahukan kepada para pengikut kita bahkan kepada dunia, apa yang sedang kita lakukan, kita sedang ada dimana, sampai – sampai kita bisa mencurahkan isi hati kita sendiri kepada social media. Hanya saja itu tidak bisa menjadi patokan yang harus kamu percaya seutuhnya, bahwa kehidupan seseorang itu nampak seperti apa yang dia tujuakan di social media.

Bisa saja apa yang dia tunjukan seperti harta kekayaan, kehidupan yang glamour dan sempurna tersebut tidak seperti apa yang sebernanya terjadi dalam hidupnya. Ketika kamu para remaja melihat hal yang seperti ini, membuat menjadi insecure, iri, dan tidak percaya diri dengan apa yang dimiliki. Padahal media social itu hanyalah dunia maya yang dapat dibuat.

2.Minimal Umur Pengguna 13 Tahun

Minimal Umur Pengguna 13 Tahun

Sebetulnya dalam pembuatan akun social media itu mempunyai minimal umur untuk dipatuhi, yaitu minimal pada usia 13 tahun. Karena bila anak – anak yang masih berusia dibawah 13 tahun, belum dapat mencerna dengan benar apa yang sebenarnya dampak yang akan diberikan oleh social media. Karena sekarang ini sebelum akan membuat social media itu perlu mengisi data, tahun berapa pengguna tersebut lahir.

Jangan sampai para orang tua memberikan pemalsuan kepada data dari si anak agar dapat mempunyai akun dari social media. Karena mereka itu belum siap menghadapi dampak – dampak yang akan ditimbulkan, seperti cyberbullying sampai pelecehan seksual jangan sampai seperti ini.

3.Jangan Mudah Percaya dengan Orang Asing dari Social Media

Jangan Mudah Percaya dengan Orang Asing dari Social Media

Semua orang dapat menjadi apapun dan siapapun di social media, karena kita tidak pernah mengenal orang tersebut sebelumnya. Membuat apa yang diucapkan oleh orang tersebut rasanya benar – bena saja. Karena kita tidak tahu fakta yang sebenernya dari orang tersebut, bisa saja orang tersebut mempunyai niat jahat kepada kita.

Maka dari itu jangan mudah percaya dengan orang asing yang baru kita kenal dari social media. Cari tahu dulu informasi – informasi yang dia miliki, apakah memang masuk akal untuk diterima atau tidak. Selain itu juga harus bisa tetap menjaga diri dan jangan mudah terlena.

Itulah beberapa fakta dari media social untuk para remaja.

Leave a Comment