Mau Mempromosikan Bisnis Kalian? Yuk Gunakan Facebook Ads

Facebook saat ini telah menjadi salah satu platform terbesar yang ada di dunia. Bahkan, media sosial ini sendiri telah bekerja sama dengan media sosial lainnya seperti Instagram atau WhatsApp.

Namun ternyata, Facebook bukan hanya bisa digunakan untuk bersosial media ria. Namun juga bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis yang saat ini sedang kita miliki.

Karena, Facebook memiliki fitur Facebook Ads yang digunakan untuk mempromosikan bisnis kalian lewat sosial media terbesar ini.

Tapi, tak semua orang bisa mengerti bagaimana cara untuk menggunakan Facebook Ads ini. Karena itulah, di bawah ini kami akan memberikan cara dan tahap nya untuk kalian.

 

1.Buat Akun Facebook Page

Buat Akun Facebook Page

Sebelum mendaftar Facebook Ads, tentu saja kalian harus memiliki Facebook pages terlebih dahulu. Kalian bisa membuatnya dengan cara membuka acebook Pages lalu memilih kategori yang sesuai dengan kebutuhan kalian atau kebutuhan perusahaan kalian.

Setelah itu, kalian akan diminta untuk melengkapi informasi mengenai alamat, nama, serta no telepon yang masih aktif.

Lalu, unggah foto profil atau foto logo perusahaan kalian dan tambahkan foto sampull Facebook kalian dan selesai.

 

2.Buat Facebook Ads

Buat Facebook Ads

Untuk membuat Facebook Ads, pertama-tama kalian harus membuka halaman Facebook Ads Manager terlebih dahulu dan login dengan akun yang tadi sudah kalian buat.

Di menu Kampanye, klik tombol buat iklan dan pilih pilihan membuat iklan yang kalian butuhkan. Ada 2 pilihan yaitu Pembuatan Iklan Terpadu dan Pembuatan Iklan Cepat.

Lalu, tentukan apa tujuan dari kalian dalam membuat iklan ini. Pertimbangkan dengan baik tujuan apa yang kalian butuhkan dan klik.

Lalu, pilih jenis iklan Facebook yang ada di antara Uji Split atau Pengiptimalan Anggaran. Ada beberapa jenis iklan produk yang biasanya harus kalian bayar berdasarka ketentuan misalnya per klik atau per view.

Selanjutnya tulis nama iklan serta tujuan trafik kalian untuk mengecek performa iklan kalian. Jika kalian memiliki promo, tampilkan juga promo tersebut agar lebih terlihat.

Lalu, tentukan target audience yang ingin kalian raih berdasarkan lokasi, umur, bahasa, jenis kelamin, dan lain-lain. tentukan pula penempatan iklan yang mau kalian sampaikan di sini.

Tentukan pula berapa lama iklan yang mau kalian tampilkan serta pilih 1 dari 5 format iklan yang ada di Facebook Ads.

Setelah itu, kalian bisa membuat teks deskripsi iklan yang menarik. Berikan pula gambar, judul, serta URL yang terkait dengan website atau sosial media kalian yang lain.

Setelah selesai membuat Facebook Ads, kalian hanya perlu membayarnya secara berkala. Kalian bisa menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Setelah membayar, Facebook akan mereview sebentar iklan kalian dan menampilkannya jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan.

Setiap format pada Facebook Ads membutuhkan gambar dengan ukuran yang berbeda-beda. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan kalian.

Ada gambar tungga, karosel, slide, dan video tunggal yang bisa kalian pilih dengan format gambar yang berbeda-beda.

 

Itulah cara dan tahap-tahap untuk membuat sebuah Facebook Ads yang akan sangat berguna untuk bisnis kalian nantinya. Nantinya, setelah membuat Facebook Ads kalian harus membayar iklan ini secara berkala.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang membangun bisnis dan ingin menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi.